Jumat, 22 Februari 2013

Ayat Tentang Keutamaan Sholat Tahajud



z`ÏBur Èø©9$# ô¤دfygtFsù ¾ÏmÎ/ \'s#Ïù$tR y7©9 #Ó|¤tã br& يy7sWyèö7tƒ y7/u $YB$s)tB #YŠدqßJøt¤C ÇÐÒÈ
Artinya : Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.

Gramatika 

(ومن اليل فتهجد به نافلة لك)الواو عاطفة,ومن الليل متعلقان بتهجد,اي,تهجد بالقرن بعض الليلل,ولك ان تعلقهما بمحذوف,اي : قم قومة من الليل,وقال الحوفي : من متعلقة بفعل دل عليه معنى الكلام تقديره :  واسهر من الليل بالقران,والفاء عاطفة,وتهجد فعل امر,وفاعله مستتر تقديره : انت,وبه متعلقان بتهجد,ونافلة حال,ولك صفة لنافلة,اي : صل حال كون الصلاة نافلة لك,ويجوز ان تكون نافلة مصدرا كالعافية والعاقبة,فتكون مفعولا لتهجد,وهوفعل لازم,الا اة يقال : انه ضمنه معنى اعبد,وما اغنانا عن ذلك (عسى ان يبعثك ربك مقاما محمودا) عسى من افعال الرجاء ,والرجاء من الله قطعى الوقوع,واسم عسى مستتر,وان يبعثك خبرها وربك فاعل يبعثك,او السالة من باب التنازع,ومقاما نصب على الظرف,اي :يبعثك فى مقام,او مفعول مطلق لآن يبعثك هنا معناها : يقيمك,او حال ,اي : يبعثك ذا مقام ,ومحمودا صفة مقاما
☻. TAFSIR AYAT AL-ISRO’ 79

(ومن اليل) وعليك بعض الليل (فتهجد)والتهجد ترك الهجود للصلاة ويقال في النوم ايضا تهجد (به)بالقران (نافلة لك)عبادة زائدة لك علىالصلوات الخمس,وضع (نافلة)موضع "تهجدا"لان التهجدعبادة زائدة فكان التهجد والنافلة يجمعهما معنى واحد,والمعنى ان التهجد زيد لك على الصلوات المفروضة غنيمة لك  او فريضة عليك خاصة دون غيرك لانه تطوع لهم (عسى ان يبعثك ربك مقاما محمودا) نصب على الظرف اي عسى ان يبعثك يوم القيامة فيقيمك مقاما محمودا,او ضمن يبعثك معنى يقيمك وهو مقام الشفاعة عند الجمهور,ويدل عليه الأخبر او هو مقام يعطى فيه لواء الحمد.[1]
☻. PENJELASAN
     Sholat tahajud merupakan salah satu bentuk komunikasi dengan Allah Subhanahu wa ta’alaa yang paling efektif. Karena sholat tahajud dilakukan manakala kebanyakan makhluk Allah Subhanahu wa ta’alaa sedang tertidur lelap. Masa yang penuh dengan kesunyian dan ketenangan akan membantu kita untuk lebih khusyuk bermunajat kepada Allah. Seorang muslim yang senantiasa mendawamkan sholat tahajud, insya Allah akan selalu dicintai oleh Allah swt. Barang siapa mendawamkan sholat tahajud maka Allah Subhanahu wa ta’alaa akan menjaminnya dengan kehidupan di syurga kelak.
Shalat malam, bila shalat tersebut dikerjakan sesudah tidur, dinamakan shalat Tahajud, artinya terbangun malam. Jadi, kalau mau mengerjakansholat Tahajud, harus tidur dulu. Shalat malam ( Tahajud ) adalah kebiasaan orang-orang shaleh yang hatinya selalu berdampingan denganAllah SWT.
Shalat Tahajud adalah shalat yang diwajibkan kepada Nabi SAW sebelum turun perintah shalat wajib lima waktu. Sekarang shalat Tahajud merupakan shalat yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan . Allah Subhanahu wa ta’alaa akan senantiasa memberikan kemuliaan kepada umatnya yang khusyuk dan kontinyu dalam mengamalkan sholat sunnah tahajud.
Dari Sahal bin Sa’ad ra., ia berkata,
 “Malaikat Jibril datang kepada Rasulullah saw lalu berkata, ‘Wahai Muhamad, hiduplah sebebas-bebasnya, akhirnya pun kamu akan mati. Berbuatlah semaumu, pasti akan dapat balasan. Cintailah orang yang engkau mau, pasti kamu akan berpisah. Kemuliaan orang mukmin dapat diraih dengan melakukan shalat malam, dan harga dirinya dapat ditemukan dengan tidak minta tolong orang lain.’”
Sahabat Abdullah bin Salam mengatakan, bahwa Nabi SAW telah bersabda :
“ Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Sorga dengan selamat.”(HR Tirmidzi)
☻. Waktu untuk melaksanakan sholat tahajud :
Hukum Sholat Tahajud
Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan di malam hari setelah terjaga dari tidur.  Shalat tahajud termasuk shalat sunnah mu’akad. Shalat tahajud dikerjakan sedikitnya 2 rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.
 ☻.  Niat shalat
Niat cukup diucapkan dalam hati yang terpenting adalah niat hanya karena Allah ta’ala.
            Kapan afdhalnya shalat Tahajud dilaksanakan ? Sebetulnya waktu untuk melaksanakan shalat Tahajud ( Shalatul Lail ) ditetapkan sejak waktu Isya’ hingga waktu subuh ( sepanjang malam ). Meskipun demikian, ada waktu-waktu yang utama, yaitu :
                  1. Sangat utama : 1/3 malam pertama ( Ba’da Isya – 22.00 )
                  2. Lebih utama : 1/3 malam kedua ( pukul 22.00 – 01.00 )
                  3. Paling utama : 1/3 malam terakhir ( pukul 01.00 – Subuh
☻.Kenapa Shalat tahajud malam hari
v Cuaca malam hari biasanya dingin, banyak lemak jenuh yang melapisi syaraf kita menjadi beku. Sehingga jika tidak segera digerakkan system pemanas tubuh tidak aktif, saraf menjadi kedinginan, bahkan koresterol dan asam urat berubah menjadi pengapuran
v . Saluran dari paru-paru keginjalyang ada dibagian belakang tubuh kelebihan uap air, jika terlalu lama tidur akan tertindih tubuh kita sehingga menyebabkan paru-paru menjadi lembab dan tersumbat. Jika dibiarkan akan menjadi paru-paru basah.
v . Tidur dikasur yang empuk menyebabkan urat saraf yang mengatur tekanan ke bola mata tidak mendapat tekanan yang cukup untuk memulihkan posisi saraf. Tidur dengan bantal yang tinggi menyebabkan klep jantung menjadi miring. Dalam jangka panjang menjadikan jantung kurang fungsional.
            Menurut keterangan yang sahih, saat ijabah (dikabulkannya do’a) itu adalah 1/3 malam yang terakhir. Abu Muslim bertanya kepada sahabat Abu Dzar : “ Diwaktu manakah yang lebih utama kita mengerjakan sholat malam?”
Sahabat Abu Dzar menjawab : “Aku telah bertanya kepada Rosulullah SAW sebagaimana engkau tanyakan kepadaku ini.” Rosulullah SAW bersabda :
“Perut malam yang masih tinggal adalah 1/3 yang akhir. Sayangnya sedikit sekali orang yang melaksanakannya.” (HR Ahmad)
Nabi SAW bersabda lagi :
            “Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim )
☻. Jumlah Raka’at Shalat Tahajud :
            Shalat malam (Tahajud) tidak dibatasi jumlahnya, tetapi paling sedikit 2 ( dua ) raka’at. Yang paling utama kita kekalkan adalah 11 ( sebelas ) raka’at atau 13 ( tiga belas ) raka’at, dengan 2 ( dua ) raka’at shalat Iftitah. Cara (Kaifiat) mengerjakannya yang baik adalah setiap 2 ( dua ) rakaat diakhiri satu salam. Sebagaimana diterangkan oleh Rosulullah SAW :“ Shalat malam itu, dua-dua.” ( HR Ahmad, Bukhari & Muslim )
☻. Keutamaan  Shalat Tahajud :
        Tentang keutamaan shalat Tahajud tersebut, Rasulullah SAW suatu hari bersabda :
            “Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengansebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”
Adapun lima keutamaan didunia itu, ialah :
      1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
      2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
      3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai olehsemua manusia.
      4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
      5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.
Sedangkan yang empat keutamaan diakhirat, yaitu :
  1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
  2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
  3. Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan  cepat
  4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.[2]
☻. Dampak Lain shalat tahajud
1.      Menjadikan kita sukses
2.      Sukses dunia dan akhirat
3.      Menjauhkan diri dari kelalaian hati
4.      Dibanggakan Allah di hadapan para malaikat
5.      Hati menjadi lapang dan bahagia
6.      Menyebabkan kemenangan dalam jihad melawan musuh
7.      Dijamin masuk surga
8.      Mendapat ketenangan batin







☻. PENUTUP
            Demikianlah Makalah sederhana mengenai keutamaan sholat tahajud.Perlu diketahui, keutamaan sholat tahajud dalam Makalah ini bukanlah sebuah harga mati. Karena sesungguhnya, masih sangat banyak lagi keutamaan-keutamaan yang terkandung di dalam sholat sunnah tahajud. Dan tentunya masih sangat banyak pula tips-tips yang dapat digunakan untuk memudahkan kita agar dapat bangun malam dan melakukan sholat sunnah tahajud.
Rasulullah saw telah bersabda di dalam haditsnya yang artinya,
 “Sesungguhnya amal perbuatan itu harus dengan niat, dan setiap orang itu tergantung pada niatnya.” (Muttafaq Alaih)
Untuk itulah mari kita kuatkan dan luruskan niat kita untuk senantiasa menegakkan dan mendawamkan sholat tahajud dengan ikhlas agar kita mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah Subhanahu wa ta’alaa. Amin



DAFTAR PUSTAKA
Ø  Zakaria,Amiroti,tafsir an-nasafi,libanon :Darul kutub al-alamiyah,Thn.710H
Ø  SHODIQ,MUHAMMAD“RAHASIA SHALAT SUNNAT”surabaya :al-hidayah.1989


[1] Zakaria,Amiroti,tafsir an-nasafi,libanon :Darul kutub al-alamiyah,Thn.710H.Hlm.725

[2] di ambil dari buku “RAHASIA SHALAT SUNNAT

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar